Spammer : Siapkan Napas Agar Tidak Tertatih

Rasa penasaran adalah hal yang paling banyak dijumpai dalam novel-novel thriller, tidak terkecuali dalam novel yang ditulis oleh Ronny Mailindra ini. Spammer, demikian judulnya tercetak. Jujur aku bukanlah orang yang sangat mengerti tentang teknologi serta juga bukan pakar IT, dan itu bukan masalah meski novel ini berkisah tentang hal-hal demikian, tentang virus komputer, tentang hacker, tentang internet, dan lain-lain. Namun bagusnya saat membaca novel ini aku tidak dibuat bingung dengan istilah yang ada, tidak dibuat bertanya apa artinya ini itu tentang IT, semuanya jelas, lugas, dan tepat. Mungkin hal-hal seperti itulah yang memang seharusnya ada dalam novel thriller. Sejauh ini hanya novel Lelaki Harimau Eka Kurniawan yang bisa aku bilang sebagai thriller yang mendayu-dayu, cuman ini beda kasus dan tak bisa dibandingkan. Karena Spammer jelas lebih fokus pada genre suspense/thriller ala film Jason Bourne. Kuanggap kalian semua tahu dengan film Bourne (yang ini sedikit maksa).

Secara garis besar cerita dalam novel ini bercerita tentang seorang Spammer yang tanpa sengaja mencuri file bukti tindak korupsi lewat virus yang disebarnya, kemudian ia dikejar-kejar atas hal tadi dan ingin dibunuh. Aku suka tema cerita yang diangkat dalam novel ini, bukan rahasia lagi kalau Bangsa kita ini dipenuhi dengan kasus korupsi, mungkin jika dihitung degan jari jumlahnya tak akan pernah cukup (jelas ini tidak lucu). Di sini kita juga seakan diingatkan tentang hal-hal, remeh temeh yang sering kali kita lakukan saat berselancar di dunia maya alias bermain internet, tentang latahnya kita yang sering tanpa sadar menyebarkan banyak informasi pribadi yang rawan digunakan oleh orang lain untuk melakukan tindak kejahatan.

Selain melulu bercerita tentang hal-hal yang aku paparkan di atas, ada juga hal-hal lain semacam kisah percintaan, persahabatan yang disuntikkan agar cerita terasa lebih manusiawi dan hidup. Pengembangan karakter dalam novel ini berjalan sangat cepat tapi efektif. Kita bisa menemukan cecintaan galau ala anak muda namun jelas tidak lebay (hehehe)

Seharusnya para pembuat film di Indonesia mulai melirik novel-novel seperti ini untuk diadaptasi menjadi film layar lebar, dan ini bukan hal mustahil juga jika suatu saat novel ini akan jadil film yang sangat menegangkan.

Bagiku ini adalah bacaan menyegarkan yang bisa menjadi alternatif bagus untuk para pecinta thriller, sangat jarang dijumpai novel macam ini untuk penulis Indonesia dan ini tidak kalah keren dari novel-novel terjemah.

Siapkan napas kalian jika ingin membaca novel ini, jangan sampai tertatih karena dikejar-kejar di setiap lembar halamannya.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jangan Sembarang Pakai Kata ‘Butuh” Dengan Urang Kutai

Pengakuan Anton Chekhov dalam cerpen-cerpennya

(Review) The Stranger by Albert Camus - Kehidupan Ialah Sesuatu yang Absurd